Friday 12 February 2016

K-Drama: Signal [First Impression]



Habis Reply 1988, Terbitlah Signal.

Setelah Reply 1988 selesai beberapa minggu yang lalu, slot jumat-sabtu drama TVN digantikan oleh Signal, yang karakter pemeran utamanya diperankan oleh Lee Je Hoon, Kim Hye Soo dan Choi Jin Woong.
***

Signal bukanlah drama yang ditunggu-tunggu seperti halnya drama Cheese in The Trap yang tayang terlebih dahulu. Walau sudah membaca sinopsisnya di Asianwiki, saya tetap tidak tertarik (masih tidak paham dengan plot drama ini). Satu-satunya alasan mengapa saya mau mengikuti drama ini pun sangat sepele, hanya karena saya suka dengan model potongan rambut Lee Je Hoon yang pendek seperti foto dibawah ini :3


Padahal kalau ditanya apakah saya pernah lihat akting dia di drama atau movie sebelumnya, saya tidak tau harus jawab apa. Satu-satunya projek yang pernah saya lihat adalah di film Introduction of Architecture Class, dan pada saat itu saya tidak pernah sekalipun memperhatikan keberadaan dia.

Jadi... saya memang hanya coba-coba saja nonton episode perdananya. Sama sekali tidak berekpektasi tinggi pada drama ini. Dan ternyata... drama ini sangat diluar dugaan.
***

Signal bercerita tentang seorang detektif bernama Park Hae Young yang tiba-tiba dapat berkomunikasi dengan detektif Lee Jae Han di masa lalu munggunakan walkie-talkie tua. Akhirnya semenjak itu keduanya pun bekerja sama untuk menyelesaikan kasus-kasus lama (cold case) yang tidak pernah terpecahkan sebelumnya.

Yap.. seperti itulah sinopsis drama Signal. Kalau membacanya pasti kalian sudah tahu intinya akan seperti apa kan? Tapi eits... sebenarnya drama ini justru lebih rumit dari yang kalian pikirkan. Selain sudah bisa dipastikan ada prinsip 'mengubah masa lalu berarti akan mengubah masa depan', ternyata masih ada hal membingungkan lainnya loh. Seperti mengenai timeline waktu terjadinya transmisi antara Park Hae Young dengan Lee Jae Han dan lain-lainnya yang sebenarnya saling berhubungan.

Untuk penayangan episode perdananya:
Dimenit-menit awal memang terasa biasa ceritanya, tipikal drama lain. Lebih banyak pengenalan tokoh. Namun jika bersabar, di 30 menit terakhir justru drama ini menjadi sangat menarik, intens, menegangkan dan seru sekali. Sampai episode 1 ini selesai saya tonton, berkali-kali saya bilang sendiri bahwa Signal amat sangat keren! Apalagi ditambah dengan beberapa misteri yang belum dijelaskan di episode ini. Membuat saya sangat penasaran.

Dan wajar saja sih kalau kalian tetap merasa bingung walaupun sudah menonton sampai episode 2. Banyak kok yang seperti itu. Saya bahkan sampai menonton episode ini berkali-kali dan juga ikut nimbrung di forum soompi (as a silent reader) demi bisa memahami drama ini.


Tapi memang Signal ini bagus dari segi cerita, dan juga dari segi akting para pemainnya. Kadang saya juga heran sendiri kenapa sampai ada pemberitaan mengenai akting Lee Je Hoon yang dikritik karena gaya bicaranya yang aneh dan juga pembawaannya seperti 'stage performance'. Saya dan beberapa fans luar drama ini merasa akting dia fine-fine saja. Saya suka aktingnya dan bahkan suka juga dengan suaranya yang sedikit seksi itu LOL. Tapi entahlah, pemikiran orang bisa berbeda-beda, apalagi kita juga tidak mengerti bahasa korea, jadi bagaimana bisa kita membedakan mana yang aneh atau tidak?

Sedangkan untuk akting pemeran lain, yaitu Kim Hye Soo dan Choi Jin Woong , saya rasa tidak usah dipertanyakan lagi. Mereka adalah aktor yang sudah berpengalaman. Project drama dan movienya sudah banyak sekali. Bahkan akting Choi Jin Woong di episode 4 sampai membuat saya ikut merasakan kesedihan karakter Lee Jae Han. Kita benar-benar ikut tenggelam dalam cerita di drama ini, apalagi diiringi dengan ost. yang sangat pas.

Jadi bisa dibilang, makin kesini saya makin suka dengan drama ini. Jalan ceritanya tidak bisa ditebak terus, banyak misteri dan hal-hal tidak terduga di setiap episodenya. Preview yang diberikan juga tidak pernah membantu, karena lebih banyak troll nya haha. Tapi itulah kelebihan dari drama ini. Semoga saja sampai episode terakhir akan terus konsisten seperti itu.

Dan kalau sudah begitu, tentu saja drama ini worth it sekali untuk ditonton. Mau tanya masalah rating? Rating Signal ini bagus banget untuk ukuran TV kabel. Sudah diatas 6 %, bahkan mereka memecahkan rekor dengan rating penayangan episode pertama yang paling tinggi hingga sampai 6,4 % melebihi penayangan episode pertama Reply 1988 yang fenomenal itu. Keren sekali kan...

Pokoknya ditonton yah!!!

Happy Watching :)


[UPDATE 27/10/16)
Baca Juga: K-Drama: Signal [Sinopsis & Review]

***
Credit picture: (1)

No comments:

Post a Comment