Monday 19 June 2017

K-Drama: Tunnel [Review]

Tunnel - 16 Episode

Choi Jin Hyuk as Park Kwang Ho
Yoon Hyun Min as Kim Sun Jae
Lee Yoo Young as Shin Jae Yi
Cha Hak Yeon as Park Kwang Ho '88

Sinopsis Singkat:
Pada tahun 1986, Detektif Park Kwang Hoo yang sedang mengejar pembunuh berantai, mendapati dirinya terlempar ke tahun 2017 setelah melewati sebuah terowongan. Disana, ia bertemu dengan Detektif Kim Sun Jae dan Profesor Shin Jae Yi. Bersama-sama, mereka kemudian menangkap pembunuh berantai yang selama 30 tahun masih bebas berkeliaran.

Review:
Tunnel jadi salah satu drama favorit saya yang (lagi-lagi) tadinya hampir tidak ingin saya tonton. Karena saya nonton Tunnel hanya untuk melihat Yoo Hyun Min saja, dari awal ngikutin Tunnel, saya memang  tidak memasang ekspektasi yang besar, walau drama sebelum Tunnel (Voice) sangat-sangat sukses. Tapi ternyata Tunnel sangat memukau sekali...

Biarpun episode satu terkesan biasa, tidak semendebarkan Voice, semakin kesini keseruan Tunnel terus meningkat dan cukup konsisten asiknya. Jalan cerita yang agak slow tidak menjadi hambatan karena eksekusi drama yang bagus. Ceritanya tidak bikin bosan tapi bikin kita penasaran terus.

Meski bergenre crime thriller, Tunnel ini tidak dibuat dark seperti drama lainnya yang sejenis. Saya saja lumayan kaget karena disini diselipi komedi juga ROMANCE. Tapi yang bikin kaget lagi (sekaligus senang) unsur komedi dan romance yang ada sama sekali tidak menggangu ritme cerita yang serius ini. Soalnya...suka 'ngeganggu' gitu kan biasanya? Nah...untungnya ini tidak kejadian di Tunnel. Part komedi dan romance justru jadi penyegar cerita karena selalu ada di momen yang pas. Bisa loh dari yang tadinya lagi adegan serius dan sedih terus satu detik kemudian malah dibikin ketawa sama tingkah mereka. Dan untuk part romance, sebenarnya ini juga tidak terlalu romance banget sih, cuman sekedar tatap-tatapan mata sama kasih kode-kode doang, tapi entah kenapa malah bikin smeriwing bahagia ngeliatnya haha. 😍 Keren lah!!
Dan di Tunnel, saya benar-benar dibikin jatuh cinta sama letnan Kim Sung Jae. Agak nyebelin sih di awal dan pas di akhir sering 'dikerjain' sama penjahatnya, tapi yah dia ganteng sih. Saya mesti gimana? Haha bias banget yah.

Sedangkan untuk profesor Shin Jae Yi, dia termaksud karakter yang aneh pas baru pertama kali kita lihat. Creepy (khususnya ketika lagi ngajar di kampus) dan selalu pasang muka datar terus. Hm...mungkin karena belum terlalu mengenal dia banget kali yah? Soalnya lama-lama pun kita akan suka juga dengan keunikannya itu. Makin kesini (setelah ketemu Park Kwang Ho dan Kim Sun Jae) jadi berubah banget dan jadi bisa berinteraksi dengan orang lain.

Dan pairing antara Kim Sun Jae dengan Shin Jae Yi pun klop banget dari awal. Interaksi mereka yang 'tidak biasa' malah jadi bikin kita geregetan bahagia. Padahal yah cuman begitu aja loh, tapi dapet banget emang chemistry-nya.
Lalu Park Kwang Ho, dia ini karakter utama yang membawa cerita dari awal sampai akhir serta karakter yang paling pinter dibanding yang lainnya. Clue-clue baru yang mereka temukan mengenai si penjahat kebanyakan berasal dari Kwang Ho Sendiri. Dan part Kwang Ho dengan istrinya yang terpisah oleh jarak dan waktu sukses banget bikin galau! Chemistry mereka 😍...

Pertama kali Kwang Ho terlempar ke masa depan dan bertemu Kim Sun Jae serta Shin Jae Yi, saya menyangka mereka bertemu karena murni kebetulan saja. Ternyata setelah ditelusuri mereka adalah dua orang yang punya hubungan dekat dengan Kwang Ho. Twist-nya lumayan tak tertebak disini. Begitu pula dengan karakter lain yang punya nama yang sama dengan Park Kwang Ho dari tahun 1986. Dan kenapa timing mereka kok bisa pas? Ketika Park Kwang Ho datang ke tahun 2017, disaat itu pula Kwang Ho'88 hilang. Ada hubungan apa mereka berdua ini? Bikin penasaran kan?
Kalau ada yang bilang Tunnel mirip sama Signal, tolong jangan dipercaya!  Haha kalau inget ini jadi suka sebel sendiri deh. Iya soalnya waktu Tunnel bahkan belom tayang, ini drama sering dibanding-bandingin sama Signal karena punya 'cerita' yang sama. Padahal aslinya Tunnel tidak ada mirip-miripnya sama sekali dengan Signal. Beda banget dari segi alur cerita! Yang katanya sama, palingan karna Tunnel juga membahas kasus pembunuhan berantai yang juga pernah diceritakan di Signal. Dan ingatlah, Signal itu punya banyak kasus pembunuhan, sedangkan Tunnel bener-bener fokus di satu kasus saja. Dan kalau masih mau disama-samain berdasarkan kasus pembunuhan yang dibahas, Tunnel lebih mirip drama Gapdong kayaknya. Tapi tetep saja, dua drama ini punya alur dan ending cerita yang berbeda.

Kalau ditanya apakah puas dengan drama ini, jawaban saya adalah puas banget sama Tunnel! Ratingnya gak boong, dan termaksud drama rating tinggi untuk ukuran tv kabel. Sayangnya, ngeliat ending drama ini tuh antara bikin seneng dan kecewa sih. Kecewa karena porsinya kurang banyak sehingga ada beberapa hal yang menurut saya masih menjadi teka-teki. Mungkin kalau ditambah durasi 5-10 menit semuanya bisa terjawab. Yah...namanya juga drama time travel. Tidak mungkin gak bikin bingung dan frustasi, karena pasti ada banyak hal yang mesti dijelaskan.

Cuman...kalau dilihat keseluruhan, Tunnel sih emang bagus dan rekomen banget buat kalian tonton. Tidak rugi deh ngabisin waktu untuk ikutin kisahnya Kwang Ho, Sun Jae dan Jae Yi. 😎

Sekian and happy watching...


source: Asianwiki
credit picture: (1)(2)(3)(4)(5)

No comments:

Post a Comment