Friday 16 March 2018

Longing Heart: Drama Tentang Cinta Pertama... [IMM]


Beberapa minggu yang lalu saya akhirnya kelar namatin drama Longing Heart. Agak telat emang baru diomongin sekarang. Lagi males bikin review drama. makannya kali ini saya bahas drama ini based on apa yang saya rasakan selama nonton aja yah. Jadi agak sedikit lebih bebas dan banyak spoiler dimana-mana....

FYI, sebelum Longing Heart tayang, sebenarnya saya udah nungguin drama ini karena dasarnya emang suka sama dua lead malenya, Lee Jung Shin dan Seo Ji Hoon. Dari teaser dramanya juga keliatan asik. So...ketika akhirnya drama ini tayang, langsung cepet-cepet saya tonton...

Longing Heart bercerita tentang Kang Shin Woo (Lee Jung Shin), yang tiba-tiba terlempar ke tahun 2007, terus disana dia ketemu dengan dirinya sendiri saat masih  murid SMA, yang diperankan oleh Seo Ji Hoon (untuk memudahkan, Kang Shin Woo remaja akan saya panggil dengan Deok Goo kedepannya). Dan dengan sebuah kebetulan, Shin Woo jadi guru pindahan, jadi wali kelasnya Deok Goo dan Han Ji Soo, cinta pertamanya jaman SMA dulu yang sampai dia dewasa nggak pernah tersampaikan perasaannya. 

Nah...karena Shin Woo masih suka sama Ji Soo dan masih punya penyesalan sampai dia dewasa. Dia jadi ingin merubah masa lalunya, mau bikin Doek Goo supaya lebih berani ngungkapin perasaannya ke Ji Soo. Dan Shin Woo makin ambisius buat ngerubah masa lalunya ketika dia liat sebuah berita di koran tahun 2017 (yang gak sengaja ikut kebawa ke masa lalu) bahwa Ji Soo meninggal karena kecelakaan. 

Namun sayangnya, karena Shin Woo terlalu mencampuri hubungan Deok Goo dan Ji Soo, dan kelewat kasih perhatian lebih sama Ji Soo, si Ji Soo malah naksir sama Shin Woo sendiri bukannya sama Doek Goo (Shin Woo remaja). 
Eh...gimana? Kok malah gitu??
Iya...emang beneran gitu kok....Saya sendiri juga jadi kesel sama Shin Woo karena terlalu ikut campur hubungan mereka berdua. Saking keselnya sampai bikin saya sempet nge-drop drama ini ๐Ÿ˜…. 

Tapi untung lah, ternyata Longing Heart cuman 10 episode. Saya yang tadinya ragu buat lanjutin drama ini akhirnya nyempetin nonton juga sampai tamat. Kalau misal drama ini punya 16 episode pasti nggak akan saya tonton lagi.....

Oke balik lagi sama bahasan Longing Heart....
Setelah akhirnya berhasil namatin drama ini. Menurut saya Longing Heart ini biasa aja sih. Memang saya suka sama ceritanya, juga twist nya yang lumayan nggak ketebak, tapi dramanya sendiri pun tidak sampai meninggalkan kesan yang terlalu dalam buat saya. Padahal time travelnya ini lumayan menarik bangget sih, sampai yang nonton jadi ikutan pusing sendiri

Kenapa bikin pusing?
Karena selain Shin Woo yang terlempar ke tahun 2007, ada Deok Goo yang ikut terlempar juga ke tahun 2017 ketika Shin Woo berhasil balik ke masa depan (episode 6). Dan disini gantian Deok Goo yang jadi naksir Ji Soo dewasa. Apalagi Ji Soo cukup baik dan ramah ke Deok Goo, karena ngingetin Ji Soo sama Shin Woo remaja dulu (padahal emang itu orang yang sama juga sih haha). 

Soalnya hubungan Ji Soo dengan Shin Woo sendiri sebenarnya agak tidak 'baik'. Ketika SMA Ji Soo merasa punya salah besar pada Shin Woo dan bikin dia terbebani banget tiap kali ketemu Shin Woo. Makannya ia memilih untuk pindah sekolah dan mutusin semua komunikasi dengan Shin Woo dan sahabat-sahabatnya. Pas akhirnya mereka ketemu lagi pun Ji Soo masih keliatan nggak nyaman sama mereka.

Btw...kenapa kok di masa depan masih ada Ji Soo padahal tadi dibilang dia meninggal karena kecelakaan?
Itu karena Shin Woo sempet nolongin dia.
Setelah Shin Woo berhasil sedikit 'mengacak-acak' masa lalu, ada beberapa perubahan yang terjadi ketika ia kembali ke tahun 2017. Lagi pula Shin Woo kembali ke masa depan sehari lebih cepat gitu, jadi masih punya waktu untuk menyelamatkan Ji Soo juga dari kecelakaan.
Mendekati tamat, Longing Heart akan lebih banyak mengungkap masa lalu, apa yang sebenarnya terjadi dulu. Akan dijelaskan kenapa Shin Woo dan Ji Soo ini nggak bisa bersama padahal sebenarnya mereka berdua sama-sama saling suka. Ada hubungannya sama kematian ibunya Shin Woo. Makannya pas tau itu Shin Woo pun akhirnya mau melepas Ji Soo biar dia nggak merasa terbebani lagi.

Sedangkan untuk Doek Goo, akhirnya dia mutusin untuk balik ke masa lalu. Dan disini saya seneng banget sama karakternya Doek Goo, beneran jadi karakter favorit saya. Padahal kalau misalnya Doek Goo balik ke tahun 2007 ada chance loh buat dia untuk bisa ngerubah jalan hidupnya. Dia kan habis dari masa depan, pasti jadi tau segalanya. Tapi Doek Goo justru tidak melakukan itu. Lagi-lagi karena dia juga tidak mau bikin Ji Soo menderita. Jadi Doek Goo pun tidak berusaha untuk merubah masa depannya dan tidak pula mencoba nemuin Ji Soo, meskipun dia tau dimana Ji Soo berada setelah pindah sekolah.
Oh iya, karena di tahun 2017 Deok Goo tau kalau Shin Woo adalah dirinya sendiri dimasa depan,  dia yang tadinya sebel karena Shin Woo adalah orang yang merebut 'cinta pertamanya', akhirnya jadi akur gitu. Mereka pun jadi berteman. Dan ketika Doek Goo balik ke tahun 2007, sudah terpisah oleh jarak dan waktu, Doek Goo masih sering berkomunikasi sama Shin Woo. Memang cuman komunikasi satu arah sih. Disini ceritanya Doek Goo sering tulis diary atau email, sehingga Shin Woo yang ada di masa depan (tahun 2017) bisa baca itu.

Ibaratnya, yang sebelumnya hanya selembar kertas kosong saja tidak ada apapun, karena Doek Goo nulis disana, dan kertas itu dia simpan, maka buat Shin Woo yang lagi ada di masa depan, kertas yang tadinya kosong jadi ada tulisannya, tiba-tiba muncul gitu. Dan tidak diduga pula bagian ini ternyata jadi bagian penting yang berhubungan dengan ending Longing Heart.
Bingung yah? 
Ini juga saya yang nulis jadi ikutan bingung kok๐Ÿ˜‚ 
Tapi wajar sih, genre time travel itu selalu tricky. Apalagi kalo nontonnya pake logika, pasti gak akan nemu logikanya dimana. Mikirin di timeline waktu yang sama kok bisa ada dua orang yang sama aja udah bikin gak paham.

Apalagi di drama ini cuman karakter Shin Woo aja yang diperankan oleh dua aktor berbeda. Sedangkan temen-temennya Shin Woo, mau itu di tahun 2007 atau tahun 2017, tetep diperankan oleh aktor yang sama. Jadi kadang suka nggak sadar kalau Shin Woo dewasa dan Shin Woo remaja (Doek Goo) adalah dua orang yang sama. Apalagi mereka berdua kaya punya memori sendiri-sendiri gitu saat salah satu dari mereka lagi time slip ke tahun 2007 atau 2017. Barulah ketika semuanya balik normal, memorinya Shin Woo dan Doek Goo melebur jadi satu. Dan Shin Woo jadi pihak yang dirugikan karena memori dia jadi saling tumpang tindih haha....
Yasudah....namanya juga drama fantasy time travel. Udah resiko kalo ceritanya ada yang tidak logis. Dan untuk Longing Heart sendiri, untungnya terbilang cukup bagus sih. Penjelasan mengenai time travel-nya jelas. Yang awalnya ngerasa aneh lama-lama paham juga kenapa bisa gitu.

Terus....kenapa diatas saya sempet bilang Longing Hear drama yang biasa aja, mungkin emang balik lagi ke masalah selera sih. Genre romance bukanlah genre favorit saya. Dan lagian saya juga masih lihat beberapa yang aktingnya masih kurang. Emosinya tidak tersampaikan ke penonton.

Tapi selama  nontonnya sebatas untuk hiburan, nggak sampai dibawa serius masih oke lah Longing Heart ini. Cukup menarik. Kalau diperhatikan...inti drama ini sendiri pun adalah tentang Shin woo dengan cinta pertamanya, Ji Soo yang tidak pernah pudar. It's about first love story๐Ÿ’—๐Ÿ’—

Sekian....


credit picture: (1)(2)(3)(4)(5)(6)

2 comments:

  1. Saya juga bukan penggemar romens, tapi karena ini cerita ttg time travel dan guru saya jadi sukaaa :D

    ReplyDelete
  2. Di satu sisi drama ini detail banget, dan nyaris tiap episode ada twist, cuman mungkin ceritanya kerumitan

    ReplyDelete