Wednesday 26 July 2017

K-Drama: Duel [Review]

Duel - 16 Episode

Jung Jae Young as Jang Deuk Cheon
Kim Jung Eun as Choi Jo Hye
Yang Se Jong as Lee Sung Joon & Lee Sung Hoon
Seo Eun Su as Ryu Mi Rae

Sinopsis:
Duel merupakan drama thriller fiksi ilmiah tentang seorang detektif bernama Jang Deuk Cheon yang terjebak bertarung dengan manusia kloning. Lewat kasus-kasus yang bermula dari penculikan putrinya, dia berjuang untuk mendapatkan vaksin yang disebut-sebut dapat menyembuhkan segala penyakit termaksud yang sedang diderita oleh putrinya.

Review:
Setelah Voice dan Tunnel, Duel bisa dibilang jadi drama OCN yang diharapkan bisa mendulang kesuksesan yang sama dengan drama pendahulunya. Sehingga sudah jelas, ada ekspektasi yang sangat tinggi dari orang-orang (setidaknya dari saya) terhadap drama ini. Apalagi jika dilihat premis ceritanya, Duel yang bergenre crime, thriller dan sci-fi sepertinya akan jadi drama yang sangat menjanjikan untuk ditonton. Dan semakin meyakinkan karena disini ada Yang Se Jong, salah satu rookie actor favorit yang menurut saya punya kemampuan akting sangat mumpuni...
Sayangnya, suatu hal yang dilebih-lebihkan terkadang tidak selalu berakhir baik. Episode pertama Duel ternyata jauh dibawah ekspektasi saya meski secara keseluruhan masih terbilang oke dan akting Yang Se Jong sudah sesuai harapan. Entah harus bagaimana bilangnya, diawal-awal Duel ternyata membuat saya sangat frustasi saking kesulitannya saya untuk sekedar memahami isi cerita dari drama ini. Bukan...bukan karena Duel ini jelek, lebih tepatnya karena di episode-episode awal, Duel terus saja melempari kita berbagai teka-teki tanpa penjelasan berarti yang tidak jelas hubungannya ini apa.

Belum juga kita mengerti dengan kasus penculikan Soo Yeon yang berhubungan dengan kemunculan Sung joon dalam kondisi lupa ingatan, tiba tiba cerita sudah berubah haluan ke kasus jual beli organ dan perjudian tarung anjing yang entah kaitannya seperti apa. Belum lagi dengan kasus pembunuhan sadis berantai yang dilakukan oleh Sung Hoon. Rasanya ikut capek sendiri, berasa dikejar-kejar juga kaya Sung Joon dan Detektif Jang yang sedang dalam pelarian. Bikin mumet sekaligus kesal sendiri pokoknya!

Tapi memang seperti itu kalau kita mau nonton Duel. Kuncinya kita harus super sabar. Pada akhirnya kebingungan dan pertanyaan kita akan terjawab juga satu-persatu secara perlahan. Makannya saya baru bisa bilang Duel ini ternyata seru banget setelah kelar episode 4, setelah berhasil dapat pencerahan dari ketidakpahaman saya sama drama ini. Twist-twist nya itu loh...enggak ketebak sama sekali!!
Ohiya...kalau kalian nonton Duel, kayaknya enggak mungkin kalau kalian enggak akan jatuh cinta dengan si baik Sung Joon,si jahat Sung Hoon, dan si dokter Lee Yong Sup. Untuk Sung Joon jelas karena dia orang baik-baik yang sengaja dijebak oleh Sung Hoon. Sedangkan untuk Sung Hoon....ini sih tipikal kita kalau liat yang bening dapet peran jahat malah kebalik jadi sayang gitu sih. Mau bagimana jahatnya dia, tetap saja kita tidak bisa membencinya. Dan makin minta disayang karena Sung Hoon ini emang jadi karakter yang paling minta dikasihani banget sama kita😭. Kalau dokter Lee Yong Sup...hmm...karena dia entah kenapa yang paling bikin saya khilaf setiap ngeliatinnya hahaha

Tapi yah gitu sih...akting Yang Se Jong ini emang bikin kita geleng-geleng kepala saking bagusnya. Disini dia mampu memerankan tiga tokoh sekaligus, padahal itu bukan pekerjaan yang mudah, apalagi Sung Joon, Sung Hoon, atau Lee Yong Sup memiliki sifat dan kepribadian yang berbeda sekali meski punya wajah yang sama persis. Dan yang paling bikin saya takjup banget, ialah saat Yang Se Joong yang ceritanya lagi memerankan Sung Joon harus berpura-pura menjadi Sung Hoon, dimana disini paling keliatan betapa luar biasa keren akting dia. Bahkan saking bagusnya, kadang suka nggak sadar sendiri kalau 3 karakter ini diperankan oleh orang yang sama, termaksud misalnya ketika Sung Joon dan Sung Hoon lagi ada di satu scene, dimana saya ngerasa mereka benar-benar dua orang yang berbeda saking chemistry Sung Joon dan Sung Hoon ini kuat banget padahal itu diperanin sama aktor yang sama.

So...Yang Se Jong ini layak-selayak-layaknya buat dapetin banyak penghargaan atas aktingnya yang memukau. Beneran nggak keliatan kalau aslinya dia ini masih rookie actor yang baru terjun di 3 project drama. Dan kalau dipikir-pikir dia termaksud nekat dan berani banget untuk ambil project Duel ini, tapi disatu sisi jadi ajang pembuktian juga ke orang-orang bahwa kemampuan dia memang enggak main-main. Congrats deh buat kesuksesan Yang Se Jong 😎

Dan begitulah... bisa dibilang emang Yang Se Jong lah yang paling bikin saya betah sama Duel, karena meskipun duel ini punya cerita yang seru, masih ada sesuatu entah apa itu yang bikin drama ini masih memiliki 'kekurangan'. Gampangnya mungkin kurang konsisten gitu kali yah? Tren keseruannya naik-turun gitu gak stabil, dan terkadang masih menemukan pula beberapa scene yang 'agak menganggu'. But overall lagi-lagi tertolong karena ketutup dengan penampilan memukau Yang Se Jong serta penyelesaian cerita yang cukup baik di episode terakhir. Memang kelihatan rushing banget sih episode terakhirnya saking banyaknya yang harus dijelasin, tapi juga jadi salah satu episode yang paling bagus dan paling bikin nyess buat hati dan mata kita. Soalnya meski udah ketebak endingnya akan seperti apa (iya emang beneran ketebak banget kok seperti apa akhirnya),  pasti akan ikut kebawa suasana juga sama kisah mereka...

Yah...meski rating duel emang rendah banget dibanding dengan drama pesaingnya, dan sempet jadi drama yang cukup ngeselin di awal-awal (buat diri saya), Duel recommended banget untuk ditonton karena dijamin gak akan bikin kamu nyesel!!

Sekian and Happy Watching... πŸ’›

source: Dramawiki, forums.soompi
credit picture: (1)(2)(3)(4)(5)

2 comments:

  1. ini bad ending atau happy ending? kalo bad ending males nonton nya:(

    ReplyDelete
  2. yaampun kak, baru baca sinopsis doang kok cenat cenut yak heheh...makin cinta tau ama yang se jong

    ReplyDelete