Wednesday 22 March 2017

Review Drama Korea 2016 [Part 3]


Sesuai janji...kali ini saya akan bahas bagian terakhir dari review drama korea tahun 2016 yang telah dirangkum jadi satu. Yang penasaran dan belum sempat baca bagian sebelumnya, bisa nih langsung di cek disini: [Part1] [Part 2]

Oke kalau begitu...langsung saja yah..

1. Drinking Solo
16 Episode
5 September - 25 Oktober 2016

Ha Seok Jin as Jin Jung Suk
Park Ha Sun as Park Ha Na
Gong Myung as Gong Myung

Drinking solo merupakana spin-off dari seri drama Let's Eat. Mirip dengan pendalunya, yang membedakan adalah disini menceritakan kebiasaan para tokoh-tokohnya yang lebih nyaman minum sendirian.

Berlatar belakang kehidupan para guru dan siswa di sebuah lembaga privat untuk persiapan ujian PNS. Disini diceritakan berbagai macam kesulitan-kesuliatan yang mereka hadapi.

Secara keseluruhan, drama ini punya cerita yang ringan, juga kocak sampai bisa bikin kita ketawa saking bikin gemesnya kelakuan mereka. Tapi juga termaksud drama yang 'ngena' karena punya jalan cerita yang relatable sama kehidupan kita. Dan yeah...Drinking Solo ini sangat saya rekomendasikan sih untuk jadi list tontonan kalian, karena seru sekali ngkutin cerita mereka semua, khususnya geng trio tirori 😎


2. On The Way To The Airport
16 Episode
21 September - 10 November 2016

Kim Ha Neul as Choi Soo Ah
Lee Sang Yoon as Seo Do Woo
Shin Sung Rok as Park Jin Suk
Choi Yeo Jin as Song Mi Jin
Jang Hee Jin as Kim Hye Won

On The Way to The Airport sebenarnya termaksud salah satu drama yang punya deretan cast keren-keren, namun sayangnya punya kisah yang tidak biasa, yang tidak semua orang suka.

Bercerita tentang seorang pramugari bernama Choi Soo Ah yang bertemu dengan Seo Do Woo karena sebuah kebetulan yang tiada henti. Mereka berdua yang sebenarnya sudah berkeluarga, justru menemukan suatu hubungan yang saling membuat mereka nyaman satu sama lain.

Yup...bahasa kasarnya, On The Way to The Airport adalah drama tentang perselingkuhan. Yang bikin drama ini 'beda' adalah disini mereka mengemas ceritanya dengan lebih indah, smooth, dan masuk akal. Dan mengikuti drama ini sebenarnya bikin kita merasa bersalah sendiri sih, di satu sisi gak suka karena tema perselingkuhan yang diceritakan, tapi disisi lain mereka berdua ini 'pantas' melakukan itu, apalagi chemistry mereka juara banget.

Selain itu, mungkin nilai lebih lainnya ialah drama ini punya scene-scene yang selalu memanjakan mata. Teknik pengambilan gambarnya itu gak main-main dan gak asal-asalan. Bagus dan indah banget! Dan satu lagi, juga punya ost yang enak didengar.

So, walaupun drama ini ada pro-kontranya. Saya rasa drama ini masih cukup bagus sih. Dan misalkan masih agak ragu sama drama ini, boleh dicoba saja dulu 2 episode perdananya. Dua episode pendahulan yang tentunya belum ada bagian affair-nya, juga episode yang paling bikin mewek.

3. The Good Wife
16 Episode
8 Juli - 27 Agustus 2016

Jeon Do Yeon as Kim He Gyeong
Yoo Ji Tae as Lee Tae Joon
Yoon Kye Sang as Seo Joong Won
Nana as Kim Dan
Lee Won Geun as Lee Joon Ho

The Good Wife punya latar yang sama seperti drama Memory, cuman bedanya drama ini punya cerita yang lebih kompleks, rumit dan mature. 

Setelah 13 tahun menikah, menjadi ibu rumah tangga dan hidup sangat berkecukupan, Kim He Gyeong akhirnya memutuskan untuk bekerja, setelah suaminya yang seorang jaksa terkenal terlibat skandal politik dan perselingkuhan. Pekerjaannya sebagai pengacara membuat Kim He Gyeong harus menyelesaikan berbagai macam permintaan client, dibantu oleh Seo Joong Won, teman dekatnya sekaligus pemilik firma hukum tempat dia bekerja.

The Good Wife sebenarnya punya cerita yang menyinggung soal perselingkuhan. Tapi khusus drama ini, sepertinya saya kebal dan oke-oke saja. Habisnya saya sendiri lebih suka dengan second lead-nya, biarpun first lead-nya sama-sama mempesona juga.

Tapi memang, deretan cast utama di drama ini tuh juara banget. Sangat berkharismatik semua. Secara keseluruhan drama ini punya eksekusi yang keren dan pas, padahal merupakan drama adaptasi dari serial amerika yang season-nya banyak banget.  Jadi drama ini pun masuk ke deretan drama yang saya rekomendasikan, apalagi yang suka dengan genre drama begini.


4. Entourage
16 Episode
4 November - 24 Desember 2016

Jo Jin Woong as Kim Eun Gab
Seo Kang Joon as Cha Young Bin
Park Jung Min as Lee Ho Jin
Lee Kwang Soo as Cha Joon
Lee Dong Hei as Geobook

Entourage bercerita tentang jatuh bangun seorang aktor korea bernama  Cha Young Bin beserta teman-teman dekatnya yaitu Lee Ho Jin (yang merangkap sebagai manajernya), Cha Joon, Geobook, dan juga Kim Eun Gab yang merupakan CEO dari management company-nya.

Sejujurnya Entourage bukanlah drama favorit saya. Bisa menamatkan drama ini saja sudah suatu pencapaian karena saya banyak dibuat kesal oleh kelakuan Young Bin yang menyebalkan. Satu-satunya alasan yang membuat saya tetap bertahan dengan drama ini ialah karena adanya Lee Ho Jin dan Kim Eun Gab, yang menurut saya punya bagian cerita yang lebih menarik.

Dan karena dari segi tema sudah sangat berbeda dari drama kebanyakan dan dramanya sendiri dikemas seperti serial Amerika, untuk bisa menonton Entourage sebenarnya kembali lagi ke masalah selera kalian, apakah cocok atau tidak. So far, di beberapa bagiannya masih bisa menghibur kita sih...

Baca Juga:

5. Shopping King Louie
16 Episode
21 September - 10 November 2016

Seo In Guk as Louie/Kang Ji Sung
Nam Ji Hyun as Go Bok Sil

Kalau di 38 Task Force, Seo In Guk dibuat keren banget, maka di Shopping King Louie, dia justru dibuat menjadi karakter yang kocak, kekanak-kanakan, dan loveable. Pokoknya dibikin gemes deh sama dia.

Ceritanya sendiri yaitu tentang seorang pewaris tunggal bernama Louie yang ketika pulang ke Korea, dia mengalami kecelakaan dan menyebabkan ia lupa ingatan sampai tidak mengetahui siapa dirinya sendiri. Beruntung dia bertemu Go Bok Sil yang baik hati dan mau menampung dirinya. Selanjutnya ceritapun fokus ke mereka beruda. Go Bok Sil yang ingin mencari adiknya yang hilang dan Louie yang ingin mengetahui siapa dirinya. Tentunya ditambah dengan bumbu-bumbu cinta yang muncul diantara mereka berdua.

Secara keseluruhan drama ini termaksud drama yang enak ditonton karena disini tidak ada tokoh antagonis yang jahatnya sampai berlebihan. Hampir semua orang yang ada disini bersikap baik dan selalu mensupport si tokoh utama. Jadi tidak akan deh kita dibikin kesel dan marah-marah saat menonton drama ini, yang ada hanya bikin kita refreshings saja. Apalagi akting Seo In Guk sebagai Louie sendiri sudah juara banget!


6. Romantic Doctor Teacher Kim
21 Episode
7 November 2016 - 17 Januari 2017

Han Suk Kyu as Boo Yong Joo/Kim Sabu
Yoo Yeon Seok as Kang Dong Joo
Seo Hyun Jin as Yoon Seo Jung
Yang Se Jong as Do In Bum

Romantic Doctor Teacher Kim adalah the best medical drama yang pernah saya tonton, yang ceritanya lebih fokus pada dunia medisnya, dibanding yang lain-lainnya. Salah satu kelebihan utama di drama ini, yang menyebabkan Romantic Doctor sangat recommended sekali untuk ditonton. 

Ceritanya sendiri yaitu tentang Kang Dong Joo, Yoon Seo Jung, juga Do In Bum, yang setelah bertemu dengan Kim Sabu, mereka jadi belajar banyak hal-hal baru, bukan hanya tentang ilmu kedokteran saja, tapi juga berikut nilai-nilai kedidupan, cinta, dan lain-lainnya.

Dijamin kalian akan menyukai semua hal yang ada di drama ini, seperti misalnya para dokter dan perawat di Doldam Hospital yang beneran top banget saat menangani pasien-pasien mereka. Dan tidak cuman dikasih part cerita yang seru, disini kita juga dikasih cerita yang sampai bikin sedih, terharu bukan main.

Baca Juga:

7. My Wife Having an Affair This Week
12 Episode
28 Oktober - 3 Desember 2016

Lee Sun Kyun as Do Hyun Woo
Song Ji Hyo as Jung Soo Yeon

Do Hyun Woo yang telah  hidup bahagia bersama istri dan anaknya, tak sengaja menemukan kebenaran bahwa istrinya telah berselingkuh dengan orang lain. Karena Do Hyun Woo tidak tau harus berbuat apa, sedangkan ia sendiri ingin tetap menjaga pernikahan mereka, akhirnya ia memilih bercerita dan meminta saran dari orang-orang lewat sebuah media sosial.

Drama ini awalnya hampir-hampir tidak ingin saya ikuti, mengingat ketika menonton episode perdananya, saya tidak (belum) menemukan 'greget' di drama ini. Selain itu ada tema 'perselingkuhan' yang mereka bawakan, yang tentunya bukan hal yang terlalu saya sukai. Tapi setelah banyak mendengar komentar positif pada akhirnya saya pun mencoba menonton drama ini lagi.

Hasilnya...drama ini memang punya jalan cerita yang bagus dan ternyata tidak melulu membahas tentang perselingkuhan 👍. Saya tidak menyangka ternyata drama ini sampai bisa membuat saya terharu dan baper dengan cerita mereka berdua. Dan karena punya cerita yang masuk akal, tentu ada beberapa hal-hal yang bisa menjadi pembelajaran bagi kita, khusunya orang-orang yang sedang menjalin hubungan. So...drama ini pun termaksud drama favorit yang saya rekomendasikan juga 😉


8. Solomon's Perjury
12 Episode
16 Desember 2016 - 28 Januari 2017

Kim Hyun Soo as Go Seo Yeon
Jang Dong Yoon as Han Ji Hoon
Seo Ji Hoon as Bae Joon Young

Solomon's Perjury adalah drama terakhir yang saya tonton yang tidak disangka-sangka menjadi drama yang paling bikin susah move-on, dan yang paling bikin saya merasa kehilangan sekali ketika drama ini tamat.

Ceritanya sendiri yaitu tentang anak-anak SMA yang membuat peradilan (trial), yang semua kegiatannya dilaksanakan oleh mereka semua, untuk mengetahui misteri dibalik kematian Lee So Woo, teman mereka yang ditemukan meninggal akibat terjatuh dari atap gedung sekolah.

Drama ini tentunya cukup spesial untuk saya, karena disini ada 'hal-hal' yang cukup bikin 'ngena' untuk kita. Problematika mereka, para murid-murid SMA pun, seolah-olah seperti apa yang pernah /sedang kita rasakan. Ceritanya sendiri pun cukup menguras peasaan, dan kita pun selalu dibuat penasaran tiada henti.

Walaupun memang drama ini dibintangi oleh wajah-wajah baru dan hampir tidak kita kenali, penampilan mereka nyatanya cukup memuaskan sampai kita sendiri dibuat jatuh hati. Jadi jangan sungkan untuk menonton drama ini karena sangat recommended juga 👌

Baca Juga: 

***
Kalau boleh dibilang, tahun 2016 ini memang tahunnya drama-drama korea bersinar. Soalnya banyak banget drama-drama bagus nan seru, sampai kadang bingung harus nonton yang mana dulu.

Sama seperti review yang saya buat, mungkin ada yang sadar kalau saya tidak memasukan beberapa judur drama. Problemnya sih karena masalah selera, terus karena ada yang belum diselesaikan, sampai yang memang belum sama sekali ditonton. Intinya sih pasti setiap drama ada plus-minus nya, semua kembali lagi pada kalian.

Okey...segitu aja sih. Postingan ini adalah part terakhir dari review drama tahun 2016. Semoga bisa nambah-nambahin referensi kalian untuk nonton drama hehe. Terus...kalau misalnya ingin tau urutan drama 2016 favorit (terbaik) versi saya, moggo bisa dicek disini.

Thank you

Happy Watching


source: Asianwiki, Dramawiki
credit picture: asianwiki

No comments:

Post a Comment